Banjir Bandang di Desa Alasmalang Kab. Banyuwangi
Tanggap Darurat Bencana Banjir Bandang di Desa Alasmalang Kec. Singojuruh Kab. Banyuwangi

By Jopy Faris Haq 23 Jun 2018, 09:09:21 WIBBidang Kemasyarakatan

Banjir Bandang di Desa Alasmalang Kab. Banyuwangi

Keterangan Gambar : Kepala Bakorwil Jember R. Tjahjo Widodo saat melakukan peninjauan lokasi Banjir Bandang di Desa Alasmalang Kab. Banyuwangi


Bencana Banjir Bandang di Dusun Garit, Dusun Karang Asem,Dusun Wonorekso Desa Alasmalang Kec. Singojuruh Kab. Banyuwangi pada Hari Jumat tanggal 22 Juni 2018 jam 09.00 WIB.
Hasil peninjauan Kepala Bakorwil V Jember di lokasi dan bertemu dengan beberapa Masyarakat menyampaikan bahwa penyebab utama banjir bandang adalah tersumbatnya aliran sungai yang melewati jembatan di Desa Alasmalang Kec. Singojuruh, sehingga banyak kayu-kayu besar yang menutup langsung jembatan tersebut yang mengakibatkan air sungai tersumbat tidak mengalir dan meluber kerumah penduduk.

Jalan terkena dampak banjir bandang adalah jalan Provinsi antara Kec. Genteng dan Kec. Rogojampi. Dampak dari Banjir Bandang yang terjadi cukup luas dan terbilang cukup banyak kerugian yang diderita oleh masyarakat sekitarnya, untuk mengantisipasi kejadian serupa masyarakat berharap untuk adanya perbaikan jembatan yang lubangnya kecil segera diperbaiki atau dibangun kembali, dikawatirkan nanti apabila terjadi hujan memungkinkan terjadi banjir bandang lagi, Saat peninjauan lokasi sungai tertutup pasir dan lumpur, bila awan mulai gelap dan bila turun hujan lebat warga terdampak bencana khawatir banjir bandang terulang kembali.
BPBD beserta Dinas Terkait dan juga Bakorwil V Jember telah terjun langsung ke lokasi untuk membantu meringankan beban Masyarakat Banyuwangi dengan memberikan bantuan dan mengirimkan alat - alat berat guna membersihkan Lumpur dan Kayu - kayu besar di pemukiman warga yang terbawa derasnya arus air akibat Banjir Bandang.

Akibat Banjir Bandang yang terjadi di Kab. Banyuwangi ini Masyarakat banyak mengalami kerugian Materiil yang memerlukan uluran tangan dari pihak terkait, baik Pemerintah maupun himpunan Masyarakat yang peduli terhadap nasib saudara kita di Kab. Banyuwangi.
- Rumah Penduduk yang terkena banjir bandang banyak yang telah mengalami rusak parah yang tidak bisa ditempati
- Masih banyak lumpur yang mengendap di rumah penduduk, namun kurangnya tenaga untuk membersihkan tempat lumpur yang ada di rumah penduduk
Dinas Kesehatan dan Pukesmas kabupaten Banyuwangi dalam memberikan pelayanan kesehatan dengan membuka Posko di Desa Alasmalang Kec. Singojuruh Kab. Banyuwangi menumpang di rumah penduduk Jalan Genteng Rogojampi.
Petugas dari Pukesmas menyampaikan informasi, warga masyarakat yang terkena dampak bencana telah berobat sejumlah 86 Orang tidak ada yang rawat inap kebanyakan sakit di Kaki karna terkena beling, paku, dan terkena kayu/akar pohon yang agak parah tetapi bisa langsung pulang rawat jalan, melihat kondisi masyarakat yang banyak tinggal di tempat penampungan, maka pelayanan kesehatan dilokasi masih sangat dibutuhkan.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment