Rakor Pengembangan UMKM Berbasis Agribisnis

By Admin Bakorwil 20 Apr 2017, 01:04:24 WIBBidang Pembangunan Ekonomi

Rakor Pengembangan UMKM Berbasis Agribisnis

Keterangan Gambar : Rapat Koordinasi Pengembangan UMKM Berbasis Agribisnis Tahun 2017, Selasa 18 April 2017 oleh Bidang Pembangunan Ekonomi


Rapat Koordinasi Pengembangan UMKM Berbasis Agribisnis

Kegiatan Koordinasi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berbasis Agribisnis dimaksudkan untuk meningkatkan daya saing UMKM berbasis Agribisnis khususnya di Wiliayah Kerja Badan Perwakilan Provinsi Jawa TImur Wilayah V (Bakorwil Jember), sehingga terbangunnya kesamaan pendapat dan komitmen antar Stakeholder tentang pengembangan UMKM berbasis Agribisnis.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa 18 April 2017 di Ruang Pertemuan Bakorwil Jember Jl. Kalimantan No. 42 Jember yang dihadiri oleh antara lain Asisten Pemerintahan, Staf Ahli yang membidangi, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kepala BAPPEDA, Kepala Dinas PMD, Kepala Dinas Perindag, dan Kepala Dinas Pariwisata Kab/Kota se wilayah Kerja Bakorwil Jember, serta turut hadir dari Bank Indonesia, Bank Jatim, Perhutani, Camat, Kepala Desa, dan tak lupa juga Rektor Universitas Jember.

dari Kegiatan ini dihasilkan antara lain :

  1. Diperlukan Standarisasi dan Sertifikasi Mutu Produk Pertanian, pelaku usaha pangan segar hasil pertanian diharapkan dapat menerapkan sistem jaminan mutu dan keamanan pangan, dengan menggunakan Sistem Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) Pangan Organik dan Jaminan Varietas.
  2. Kinerja penggunaan Dana Desa difokuskan untuk mewujudkan tujuan pembangunan Desa.
  3. Bantuan keuangan Desa dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang diatur melalui Pergub Jatim nomor 8 tahun 2016 tentang Pedoman Umum Bantuan Keuangan Desa dari Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur salah satunya dapat digunakan untuk meningkatkan pemberdayaan dan menumbuhkan perekonomian masyarakat Desa.
  4. Pemenuhan target lahan penanaman Hijauan Pakan Ternak untuk Jawa timur sebesar 600 Hektar, adapun target untuk wilayah Bakorwil Jember adalah sebesar 157 Hektar.

sebagai Rekomendasi dari hasil kegiatan Koordinasi Pengembangan UMKM Berbasis Agribisnis ini didapat point-point sebagai berikut :

  1. Standarisasi dan Sertifikasi Mutu Produk Pertanian terus didorong melalui pembinaan dan fasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten / Kota melalui lembaga yang berwenang, diantaranya adalah UPT Pengawasan dan Sertifikasi Hasil Pertanian Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur.
  2. Penggunaan Dana Desa memerlukan perencanaan yang baik melalui pendampingan oleh pihak-pihak yang berwenang.
  3. Perlu adanya bimbingan teknis bagi personil yang bertanggung jawab untuk menyusun Laporan Pertanggungjawaban dana bantuan keuangan desa dari Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur.
  4. Perlu adanya Inventarisasi lahan yang berpotensi untuk penanaman hijauan pakan ternak.
  5. perlu segera dibentuk TIM untuk menyusun konsep Naskah Kesepakatan dan Kerjasama antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan Pemerintah Kabupaten/Kota di Wilayah Kerja Bakorwil Jember.

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment