Rapat Koordinasi Pembinaan dan Pengembangan Sentra Produksi Perikanan

By Admin Bakorwil 24 Jul 2017, 13:18:31 WIBBidang Pembangunan Ekonomi

Rapat Koordinasi Pembinaan dan Pengembangan Sentra Produksi  Perikanan

Keterangan Gambar : Sambutan Kepala Bakorwil Jember R. TJAHJO WIDODO, SH, M.HUM sekaligus membuka Kegiatan Rakor Pembinaan dan Pengembangan Sentra Produksi Perikanan di Wilayah Kerja Bakorwil Jember


Rapat Koordinasi Pembinaan dan Pengembangan Sentra Produksi  Perikanan

Kegiatan Koordinasi Pembinaan dan Pengembangan Sentra Produksi Perikanan di Wilayah Kerja Badan Perwakilan Provinsi Jawa Timur Wilayah V (Bakorwil Jember) dimaksudkan untuk mensinergikan dan mensinkronkan program dan kegiatan dalam upaya peningkatan produksi perikanan, ketersediaan hijauan pakan ternak dan pengembangan agrowisata. Adapun tujuan kegiatan ini adalah terbangunnya kesamaan pendapat dan komitmen antar stakeholder tentang peningkatan produksi perikanan, ketersediaan hijauan pakan ternak dan pengembangan agrowisata.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 20 Juli 2017 di Ruang Pertemuan Badan Perwakilan Provinsi Jawa timur Wilayah V (Bakorwil Jember) Jl. Kalimantan No. 42 Jember. Hadir dalam pertemuan ini antara lain dari Asisten Bidang Ekonomi, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Kepala Dinas Perikanan, Kepala Dinas Peternakan, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Koperasi dan UM, Kepala BAPPEDA, Kepala Bagian Perekonomian Kab/Kota se Wilayah Kerja Bakorwil Jember, serta Dekan Fakultas Pertanian, Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Dekan Fakultas Teknik Universitas Jember beserta Wakil, Staf Ahli dan Staf Pengajar.

Materi-materi yang disampaikan dalam Rakor tersebut antara lain :

  1. “Program dan Fasilitasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam Pengembangan Budidaya Perikanan untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomidan Kesejahteraan Masyarakat” yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur.
  2. “Percepatan Program Peningkatan Hijauan Pakan Ternak dalam rangka Mendorong Swasembada Daging” yang disampaikan oleh Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur.
  3. “Pengembangan Budidaya Pertanian sebagai Pendukung Agrowisata untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat” yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur. dan
  4. “Pendampingan Budidaya Ikan, Budidaya Ternak dan Pakan Ternak di Wilayah Bakorwil Jember sebagai upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat” yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Pertanian Universitas Jember.

Pada Rakor ini dihasilkan antara lain :

  1. Kualitas Benih Ikan sangat menentukan terhadap produk budidaya yang dihasilkan oleh pelaku usaha/kelompok pembudidaya. Oleh karenanya Balai Benih Induk (BBI) yang banyak terdapat didaerah perlu dioptimalkan fungsinya untuk menghasilkan benih ikan yang berkualitas baik.
  2. Penerapan Sistem jaminan mutu perikanan budidaya di Kabupaten/Kota perlu terus didorong melalui sertifikasi Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB), Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB) untuk menghasilkan peroduk perikanan budidaya yang aman untuk dikonsumsi.
  3. Keberadaan lingkungan sangat berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas produk perikanan budidaya. Kesadaran pelaku usaha / pembudidaya dalam menjaga lingkungan akan menetukan kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkan.
  4. Pengembangan kawasan Hortikultura perlu terus ditingkatkan dalam rangka mendukung pengembangan agrowisata, mengingat pengembangan dalam bentuk kawasan akan lebih nampak keberlanjutan budidayanya, selain itu akan lebih memudahkan dalam pembinaan Digital Marketing menjadi salah satu aspek pendukung yang penting untuk diwujudkan di Wilayah Kerja Bakorwil Jember mengingat model pemasaran seperti ini akan lebih efisien karena tidak perlu menyediakan ruang tempat penyimpanan dan Display.
  5. Terkait Kerjasama dan Sinergitas program, Pemerintah Kabupaten / Kota sangat mengharap peran Bakorwil Jember untuk membantu mewujudkannya. Selain itu diharapkan rapat-rapat koordinasi lingkup pertanian dapat dilakukan secara berkala sebagai salah satu forum untuk mengevaluasi program-program tersebut.

Sebagai Rekomendasi dari kegiatan Rapat Koordinasi Pembinaan dan Pengembangan Sentra Produksi Perikanan di Wilayah Kerja Badan Perwakilan Provinsi Jawa Timur Wilayah V (Bakorwil Jember) ini dapat point-point sebagai berikut :

  1.  Fungsi Balai Benih Induk (BBI) di masing-masing Kabupaten/Kota perlu dioptimalkan dan hendaknya melakukan koordinasi dengan UPT Dinas Perikanan Provinsi Jawa Timur agar dapat menghasilkan benih ikan yang berkualitas.
  2. Penerapan Sistem jaminan mutu perikanan Budidaya di Kab/Kota perlu terus didorong untuk peningkatan keamanan pangan hasil budidaya diantaranya melalui sertifikasi Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB), Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB), dan Monitoring residu dan penyakit ikan, termasuk menjaga kualitas lingkungan.
  3. Pengembangan Agrowisata perlu didukung melalui pengembangan kawasan hortikultura dengan penerapan Cara Budidaya yang Baik dan Penanganan Pasca Panen (Good Agricultural Practices dan Good Handling Processing).
  4. Bakorwil Jember diharapkan untuk mendorong, mengkoordinasikan dan mengawal program integrasi yang melibatkan Pemerintah, pelaku usaha serta Perguruan Tinggi agar dapat mewujudkan terbentuknya sentra-sentra produksi sesuai keunggulan wilayah masin-masing.


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment